Kamis, 13 Desember 2012

Tips belanja aman

Untuk yang suka belanja tapi tidak mau tertipu atau tidak mau rugi mungkin informasi dan tips ini bermanfaat

1. Survei tempat melalui teman-teman yang suka belanja juga. Lalu kamu buat perbandingan tempat belanja mereka dengan tempat belanja yang kamu tahu.

2.Jangan mau tertipu dengan harga murah jika kamu ingin membeli kosmestik. Dan jangan pula mudah percaya dengan harga mahal. Cari informasi sebanyak-banyak tentang perbedaan kosmestik yang asli dan yang palsu. Karena kosmestik yang berhologram yang lebih mahal ternyata tidak asli daripada yang tidak berhologram. Perhatikan juga tempat kosmestik tersebut, cium baunya, perhatikan isinya. Jika ada yang berbeda, hati-hati barang palsu. 

3. Jika anda ingin belanja via online, hati-hati dengan penipuan yang banyak terjadi. Lihatlah dulu koment-koment mereka. Jika di FB, add salah satu fb mereka untuk meyakinkan apakah itu konsumen asli atau bukan.

4. Tanyakan tempat tinggal penjual, dan nomer hp yang bisa dihubungi.

5.Jika anda berbelanja langsung dan ingin membeli pakaian, lihatlah bahan baju tersebut. Lihatlah jahitannya, dan perhatikan setiap detailnya dan jangan lupa untuk mencobanya. Jika barang tersebut tidak boleh dicoba, anda harus cerdas memperkirakan barang yang akan anda beli. Atau anda harus membayarnya terlebih dahulu dan coba lah dikamar mandi umum setempat.

6.Jika anda ingin membeli barang A, anda juga harus bertanya ke toko lain yang menjual barang yang sama. Coba bandingkan, apakah bahannya lebih bagus? apakaha harganya lebih murah? dna perhatikan kualitasnya.

7. Jika anda ingin membeli suatu barang, akan tetapi anda tidak tahu harga biasa yang dijual untuk barang tersebut berapa rupiah. Anda bisa melihat barang lain yang ada ditoko tersebut dan bandingkan. Misal anda ingin membeli sebuah gamis model terbaru. Anda tidak tahu harga gamis tersebut dipasaran berapa? Tapi ditoko tersebut ada barang yang ada ketahui harganya. Misal disana juga menjual kemeja panjang atau jilbab. Coba anda tanya harganya kemeja panjang tersebut berapa harganya, jika harga kemeja tersebut menurut anda terlalu mahal. Tak menutup kemungkinan, penjual tersebut menjual gamis tersebut juga lebih mahal.

8. Saat berbelanja, perhatikan dompet anda. Jangan sampai saat anda asyik berbelanja, tiba-tiba dompet anda tidak ada.

9. Tulis didaftar belanja apa saja yang akan anda beli. Jangan beli barang yang tidak anda butuhkan.

10. Jika bisa bawalah seseorang saat anda berbelanja, karena dengan membawa orang lain anda bisa meminta pendapat orang tersebut apakah barang itu mahal/tidak dan bagus/tidak. Dan dengan membawa teman, anda bisa minta untuk diingatkan untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Berbelanja boleh, tapi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak boleh boros, tidak boleh ada yang tersia-siakan. Lebih baik anda tabung atau berikan uang anda kepada orang yang membutuhkan.

Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27).  

Smoga bermanfaat :)