Kamis, 20 Januari 2011

Hormati orang lain jika ingin dihormati, jagalah lisan kalian kalau tidak ingin disakiti oleh lisan org lain

Assalamu'alaykum warohmatullahi wabarokattu...

skrng saya terinspirasi menulis ini dari buletin2 kampus yg baru sempet saya baca..he..(mumpung gratis,dikumpulin aja)

Diambil dari >> (QS Al-Hujarat: 11)
Hai orang-orang yang beriman, jgn kalian saling merendahkan KARENA BISA JADI YANG DIRENDAHKAN LEBIH BAIK DARIPADA YANG DIRENDAHKAN.

akan tetapi kebanyakan manusia, suka merendahkan orang lain. Padahal TIDAK ADA MANUSIA YG SEMPURNA di dunia ini...

contoh nyata dr seseorg> wah masuk universitas negeri itu mah masuknya doank susah, tapi dpt nilainya gampang! (BELAGU dan SO' TAHU buangetzz)
pdhl adeny jg kuliah ditempat yg sama dgn yg universitasnya direndahkan.Yah maklumLah, kakak-adik yg tidak akur sampai kl berantem mengeluarkan kata2 binatang. Astaghfirllah wat.. Setiap jurusan mempunyai peraturan masing2 kalee...jurusan manajemen murni tentu berbeda dengan manajemen pendidikan walau sama2 manajemen! psikologi tentu berbeda dgn psikologi pendidikan dan sosiologi pembangunan tentu berbeda dengan pendidikan sosiologi dunk? Padahal yg kuliah nya di Univ negeri terkenal aja ga BELAGU begitu? ??? heran...padi semakin berisi semakin menunduk ya.. ^^ yg direndahkan univ negeri? yg merendahkan kuliah di univ swasta? akhwat lg yg berbicara? astaghfirllah al azim.....hei..hei..berkatalah baik atau diam! Selama ngajar dan mengenal orang2 dari berbagai latar belakang, mereka biasa saja. Mau yg dokter, guru, kpala skolah, dosen UI-UNJ-UIN, S2, S3, kerja di kementerian, perpajakan mereka kalem2 aja. Baru ktmu akhwat seperti ini? ??? Astaghfirllah al azim... mungkin kl org biasa bisa maklum dah...

Pada kenyataannya dalam kasus ini, banyak orang yg suka merendahkan orang lain akan tetapi tidak mau direndahkan? Lisan mereka tidak di jaga? Tidak ingin direndahkan tapi suka merendahkan orang lain? tidak ingin disakiti tapi menyakiti orang lain dengan lisan mereka?

"Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar (baik atau buruk), hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 6091 dan Muslim no. 6988 dari Abu Hurairah )

Ingatlah bahwa selalu ada Malaikat di dekat kita!

Surat Qaaf: 18, artinya, "Tiada suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."


tidak ada sesuatu pun yg lebih berat dlm timbangan seorg mukmin di hari kiamat drpd akhlak yg baik, dan sesungguhnya Alloh sangat membenci org yg suka berbicara kotor. HR. Tirmidzi, Abu dawud, ahmad.

Marilah kita berusaha untuk menjaga lisan kita, dan saling mengingatkan untuk berkatalah baik atau DIAM! (HR. al-Bukhari dan Muslim)

jauhi org2 yg akan memancing kita berkata buruk. Yukzz menghindar dari org2 seperti tu. kl ga terpengaruh si terserah.... tp kl terpengaruh, hati2...

karena hanya dengan lisan, kita bisa menyakiti hati orang lain. baik itu secara sadar atau tidak disadari.

"Tidak akan lurus iman seorang hamba sehingga lurus hatinya, dan tidak akan lurus hatinya, sehingga lurus lisannya. Dan seseorang tidak akan masuk surga apabila tetangganya tidak merasa aman dari kejahatan lisannya." (HR. Imam Ahmad dan selainnya)


Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada. dan ikutilah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya dengan akhlak terpuji (HR. Tirmidzi)

JANGAN PERNAH BERHARAP KESEMPURNAAN PADA SESEORANG KARENA TIDAK ADA MANUSIA YG SEMPURNA. dan yg membedakan kita dengan manusia lain hanyalah ketakwaan kita (Qs. Al-Hujurat: 13)


Jadilah engkau orang yg siddiq dlm beribadah. Jika Allah dan Rasul-Nya di satu sisi. Berhati-hatilah agar kita tidak berada di sisi yg lain. Jadilah kamu orang yg selalu berada disisi di mana Allah dan Rasul-NYA berada disana meski seluruh manusia ada di tepi yang berbeda (Ibnu Qayyim rahimahullah)

"Setiap hamba akan dibangkitkan sesuai dengan keadaannya ktika meninggal" (HR. Muslim)

Semoga kita semua bisa memperbaiki diri terus menerus untuk menggapai ridho ILLAHI..AMIN....
maaf jika ada kata2 yang salah dari tulisan saya... ^^